17.8.16

Sharing Session: Berobat Kemana di Penang?

Halo semuanya,

It's been a while since i updated my blog, so i was quite away for some medical reason :(

Post kali ini akan berbahasa Indonesia ya, soalnya this post memang di dedikasiin untuk masyarakat Indonesia yang lagi cari informasi tentang berobat ke Penang. 



Jadi beberapa minggu lalu, mama aku mengeluhkan kalau dia sakit perut di sebelah kiri bawah, dimana sakitnya itu kadang bisa sampai tidak tertahankan sampai dia nangis dan guling-guling gitu. Posisinya adalah mama aku ini sudah pernah operasi pengangkatan rahim, jadi kami makin bingung sakitnya ini dari mana. Dari Lampung (my hometown), dia sudah masuk rumah sakit, dan dokter sudah ran a few tests and hasilnya lumayan normal.

Makanya, mama kami bawa ke Jakarta, secara anak-anaknya juga tinggal di Jakarta sini, jadi bawa deh ke beberapa rumah sakit swasta di Jakarta. Herannya adalah, diagnosa dokter beda-beda. Ada yang bilang ada kista di bagian perut kanan (padahal mama rasa sakit sebelah kiri), ada yang bilang tidak ada apa-apa hanya tegang otot, ada yang bilang mium. Jadi, dengan advise dari keluarga juga yang suka berobat ke Penang, kami berangkat ke Penang.

Nah, buat yang ga tau, ada flight direct Jakarta-Penang loh jadi tidak perlu transit-transit kalau memang sudah sakit kaya mama aku. Flight ini hanya ada satu kali sehari, by maskapai AirAsia. Harganya memang agak sedikit mahal, kira-kira dua kali lipat dari yang biasa. But mom was very sick, so we took it. The flight took two hours approximately, and yes we got delayed for half an hour. The ticket costed kurang lebih  3 juta per orang.

Mau ke rumah sakit mana?

Nah ini dia pertanyaan besarnya, untuk kalian yang tidak tau mau ke rumah sakit mana, ada kira-kira tujuh rumah sakit internasional di sana yang memiliki spesialisasi bidangnya masing-masing. Apa aja ya?


1. Penang Adventist Hospital 


Source: http://adventist.asia/site/assets/files/1176/penang2.835x0.jpg

Penang Adventist Hospital lebih spesialisasi ke bagian Jantung dan Tulang. Katanya sih gitu, soalnya aku gak berobat ke sini. Jadi, kalau mau berobat jantung atau tulang, ada baiknya coba kesini dulu, tapi boleh juga sih ke rumah sakit lainnya juga.


2. Lam Wah Ee Hospital

Source: https://i.ytimg.com/vi/d498Kaw5o0c/maxresdefault.jpg

Rumah Sakit Lam Wah Ee ini terbilang lumayan murah dibandingkan dengan rumah sakit lainnya, katanya sih begitu. Rumah sakit ini juga cukup terkenal dengan program implantasi bayi tabungnya. Ada banyak banget pasien dari Medan, Aceh, dan beberapa daerah di Indonesia yang berobat kesini dan merasa biaya yang dihabiskan tidak jauh berbeda sama di Indonesia. 


3. Loh Guan Lye 



Loh Guan Lye ini adalah rumah sakit yang lebih khusus ke kecantikan dan kanker. Rumah sakit ini juga terletak di jalan yang dekat dengan Island Hospital, jadi bisa cek sana cek sini dengan gampang untuk dapet second opinion.

4. RS Kanker Mount Miriam



Ada banyak pasien kanker stadium tinggi yang berobat ke rumah sakit ini, lalu bisa membaik, bahkan sembuh. Kalau memang tujuan kamu untuk cure kanker, boleh langsung dicoba kesini, karena spesialisasinya memang disitu, seperti Dharmais di Jakarta.


5. Pantai Hospital Penang

Source: http://2.bp.blogspot.com/-6nDD_NFzki0/VYopshRwrGI/AAAAAAAAACo/l6AF7W1GWmY/s1600/pantai.jpg

Rumah Sakit Pantai Hospital ini banyak menampung pasien jantung dan stroke. Letaknya agak sedikit terpencil jadi baiknya mungkin ketika bepergian keluar rumah sakit banyak beli makanan karena di sekitarnya ada kurang banyak makanan.


6. Island Hospital 

Source: http://mrain.com/net/images/stories/Advertisement/BeautyWellness/pad-island01.jpg

Island Hospital Penang adalah salah satu rumah sakit umum di Island. RS ini katanya bisa mengobati berbagai jenis penyakit, itulah sebabnya kami akhirnya datang ke rumah sakit ini. Kami datang kesini juga karena untuk pergi ke dua dokter, Dr. Mah Siew Lee (Ob Gyn - Kandungan) dan Dr. Seow Eng Lok (Gastro-Intestine). A little warning though: Rumah Sakit ini katanya sih lebih mahal dari pada yang lainnya. Singkat cerita, mama had two operations: operasi appendix dan pengangkatan indung telur (ovarium) karena adanya kista di ovarium sebelah kiri. Kami menginap disana kurang lebih 3 hari dan biayanya mencapai RM 20,000 +-. Tapi kalau memang sembuh, yasudahlah it's a little price we should pay for the gift of wellness! Mom is currently in the process of final recovery and she's doing very well. A little review: di rumah sakit sini semuanya ditangani super cepat dan sigap. Mungkin itu kenapa pasiennya cepat sembuh juga karena semua proses dilaksanakan super cepat, gak molor-molor dan gak ditahan-tahan.

Dan masih ada lagi rumah sakit lainnya.

Hmm peeps i know this is not exactly a fashion or beauty post, but i just really felt the urge to help people to gain some information before they go out there so they wont be clueless. I have seen some people who came to the hospital knowing nothing, still asking around gatau apa-apa dan gatau kalau sakit apa harus kemana. This is the very least that i can do to help :)

Hope this post turns out useful for anyone in need ya, and i will also still post some food adventure session that i had during my quick stay in Penang soon, so i will keep you posted. Be healthy peeps soalnya sakit itu mahal :D

Bye for now, Felicia Marcellina

Hello

Hello lovelies, thanks for visiting me!
Love for you all, Cells.