25.8.18

A Good Support is Everything | Belajar Sadari Dini Kanker Payudara Bareng Sorella dan Love Pink


Yep, A GOOD SUPPORT IS EVERYTHING.

Pernah gak sih kamu sadarin kalau setiap kali kita ada masalah, things to deal with. Apa sih yang akan bisa ultimately membantu kamu dalam mengatasi masalah tersebut? 

I can definitely recall the times of when i had problems, i tried to find solutions, advice, opinion, everything. Along the process, i ultimately realized that the one who will be the lead player is me, and what i truly need the most is a good support. Why? Because good and endless support leads us to find the best part of ourselves, thus will help us to encounter and tame the problems we are facing. 

A good support brings out the best of us. And that's everything to me.

Inilah kenapa aku memberi judul blogpost kali ini "A GOOD SUPPORT IS EVERYTHING." Karena aku akan sharing tentang acara Sorella dan Love Pink di Segarra Ancol beberapa waktu lalu yang membahas mengenai kanker payudara. I know it sounds like a heavy subject, but trust me, i will try to keep it simple and easy for you to read, so bear with me, okay!





Jadi pas dateng ke acara ini langsung disambut sama dekorasi pink lucu yang bikin mata seger. The weather is quite hot di beach restaurant ini, but if we are going to Bali we gotta get used to it right :)


So let's talk about breast cancer atau kanker payudara yah. Sebelumnya, udah tau Love Pink kah?

Love Pink ini adalah sebuah komunitas kanker payudara di Indonesia yang memfokuskan diri untuk memperluas sosialisasi deteksi dini kanker payudara (SADARI -- Periksa Sendiri) dan SADANIS (Sadari Secara Klinis). Terbentuk dari survivors kanker payudara secara sukarela untuk memberikan endless support untuk pengidap dan survivors.

Jadi, inilah support pertama yang aku bilang, support dari teman-teman seperjuangan, komunitas untuk berbagi dan saling support mental, karena kanker payudara bukanlah penyakit main-main, dimana ada 1 dari 8 wanita didiagnosa dengan penyakit ini, jadi sangatlah penting untuk mendapatkan support dari komunitas seperti ini. Thank you for the mental support, Love Pink!


Kanker payudara ini sendiri adalah situasi dimana terbentuknya tumor ganas di jaringan epitel payudara, Faktor penyebabnya kemungkinan adalah hormon, genetik atau riwayat pengidap dalam keluarga, pola makan kurang sehat, konsumsi alkohol dan rokok. Bisa terjadi pada laki-laki juga loh!

Bersama Ms. Madeline Mutia, Co-Founder of Love Pink Indonesia, kita sharing bahwa menyadari adanya kanker payudara sejak dini ternyata sangat membantu survival rate, dimana stadium dini masih amat sangat mungkin untuk diobati dibandingkan stadium lanjut, as explained by this graph.



Jadi, gimana cara kita bisa SADARI? 

Ada 3 cara untuk menyadari adanya kanker payudara, yaitu;

- SADARI --- pemeriksaan pribadi 7-10 hari setelah menstruasi
- USG --- 2 tahun sekali bagi wanita berumur di bawah 40 tahun
- Mammografi --- 1 tahun sekali bagi wanita berumur di atas 40 tahun.

Lucky for us, Love Pink Indonesia juga langsung mengajari kita caranya SADARI live saat di event. 
Kira-kira begini. 



Nah, lalu apa yang dicari? Apa sih yang menjadi gejala umum kanker payudara?


Jadi kurang lebih, tanda atau gejala ini lah yang harus dicari. Apabila kamu menemukan adanya the slightest chance of adanya gejala di atas, baiknya kamu langsung SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis) untuk reassurance ataupun penanganan khusus.


The banner says it all "The Best Protection is Early Detection."


Next, let's talk about the other support we need here in fighting breast cancer. 

Sorella, udah pada tau pasti kan? Sorella ini adalah brand underwear yang sudah ada sejak tahun 1974 dan sudah bisa ditemukan di banyak negara di Asia, seperti Singapore, Malaysia, Brunei, Philippines, Cambodia, Vietnam, Myanmar dan tentunya Indonesia.

Sorella sendiri masuk ke Indonesia di tahun 1985, oleh PT. Megariamas Sentosa, yang juga menggawangi brand Pierre Cardin, Young Hearts, atau Felancy.


Disampaikan langsung oleh Ms. Agnes Dewi, Marketing Manager of Sorella, bahwa Sorella sudah bekerja sama dengan Love Pink cukup lama dan akan terus men-support Love Pink dan misi bersama mereka untuk sosialisasi all about kanker payudara, terbukti dari pengadaan event berkala mereka.




Sorella sendiri adalah brand yang punya design modern dan cantik-cantik, tanpa mengesampingkan kegunaan dan efisiensi bra bagi wanita. Terlihat kan dari cantikknya produk di atas.


Design cantik + Kegunaan Maksimum + Health Aware = Sorella Premium Class.

Sorella juga menciptakan Body Contour Wellness Bra; yang memiliki benefit banyak sekali;

- Far Infrared Rays --- berguna untuk detoksifikasi dan melancarkan peredaran darah
- 3D Zero Pressure --- perfect fit, tanpa pain dan pressure.
- Bamboo Material --- menghilangkan odor (bau-bau) dan memiliki anti bacteria, dilengkapi dengan Coffee Yarn --- menghindari iritasi kulit dan anti-oksidan


- Mastectomy Bra --- finally Sorella juga punya bra khusus bagi pengidap atau survivor kanker payudara yang went through breast removal agar breast mereka pun bisa tersupport perfectly.
- Beauty Inside --- dimana ada post mastectomy breast padding untuk mengisi kekurangan breast dari breast removal.



Now that is what i call super support. 
Bukan cuma secara mental, tapi Sorella melakukan bagian-nya dalam menyediakan fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh pengidap dan survivor kanker payudara. Secara Sorella bukan brand kecil, kalau cuma mau tutup mata dan menikmati hasil dari bra biasa saja pun bisa, tapi thumbs up for paying attention to this niche needs, means a lot for us women!


Di acaranya kita juga diajak bikin DIY Beach Hat Workshop.
punyaku jadinya gini nih, ready for Bali!


Finally, ini dia beberapa tips mencegah kanker payudara yang aku rangkum dari sharing session;

CEGAH. Inget aja CEGAH kanker payudara.

- C ---- Consume Healthy Food -- sayur, buah, olahan keledai berupa tempe, tahu, susu, dan stock up               on Omega 3 yang berfungsi sebagai anti kanker, kurangi konsumsi makanan berlemak.

- E ---- Eliminate Alcoholic Beverage and Cigarettes -- hindari konsumsi alkohol dan rokok.

- G ---- Get A Regular Exercise -- olahraga secara teratur meskipun hanya 10-20 menit per harinya.

- A ---- ASI? Always Say Yes -- untuk wanita yang sudah berkeluarga, menyusui atau memberikan                  ASI juga ternyata sangat baik untuk kesehatan payudara dan menghindarkan kanker.

- H ---- Have All Your Products Washed Before Consumption -- jadi sebelum dimasak atau dimakan,               biasakan mencuci bersih produk makanan, terutama yang non-organik untuk menghilangkan               pestisida.


Thank you so much Sorella and Love Pink for bringing up such an important topic, and your support must mean a lot to us! Moreover for the endless support combo provided for us women and breast cancer. I was lucky to have witnessed the kindness and i'd love for the world to see more :)

Buat yang mau tahu lebih lanjut, bisa langsung kepoin mereka di Sorella dan Love Pink Website, atau instagram mereka di @sorellaid dan @lovepinkindonesia.

This event would never have been possibly held without @unicornadcom, a brilliant organizer, especially Kak Vibrie who invited me, and all supporting media partners; www.womantalk.com, www.grid.id, www.nova.id, and www.thesmartmamas.com


See you next post!

1 comment:

  1. So nice post. I like your blog... kisses

    Follow for follow? <3

    http://www.ioannesstyle.com/

    ReplyDelete

Say hi to me at felicia.marcellina@gmail.com. We'll do high-five!

Hello

Hello lovelies, thanks for visiting me!
Love for you all, Cells.