11.11.16

Review: Jadi Fit Cuma 20 Menit? Bisa di 20FIT!



Hope you all had a decent friday!

Siapa yang pernah ngerasain nge-gym berjam-jam, capek luar biasa tapi berat badan turun sedikit doang? Well, aku sih *sambil angkat tangan sendiri*

Ini juga sih ternyata alasan sebenarnya kenapa 20FIT dibuat. Aku yakin udah banyak yang pernah dengar tentang nama 20FIT ya? Secara bisnis ini sendiri dibangun oleh artis Indonesia seperti Andien Aisyah dan Bams Samson. Nah, apa kalian mau tahu pengalaman aku di 20FIT seperti apa? Kalau mau, scroll ke bawah terus ya!



20FIT itu apa sih?
20FIT ini adalah semacam micro-gym, yang menggunakan EMS (Electro Muscle Stimulation) Technology dengan mesin Miha Bodytec. Teknologi ini super praktis, bikin kita olahraga dalam waktu minimal dengan hasil yang maksimal. Sesi latihannya sendiri dibatasi hanya untuk 20 menit saja, tapi bisa memiliki efek yang sama seperti kalau kita nge-gym selama sekitar 1.5 - 2 jam. Makanya diberi nama 20FIT.

Serem ga ya?
Banyak banget yang takut sama visualisasinya. 20 menit disetrum. Yah, kalo mikirnya begitu sih emang bikin takut ya. Tapi, sebenarnya gak gitu kok. Jadi, bukan langsung disetrum dengan aliran listrik gitu, tapi menggunakan alat Miha Bodytec. Alat ini akan menstimulasi 8 kelompok otot besar yang akan langsung mengkontraksi otot dengan aliran listrik rendah, jadi kamu gak akan kesetrum. Jangan khawatir, ini semua sudah terbukti aman kok, bahkan terbukti efektif juga. Selain itu, teknologi ini juga aman untuk sendi karena yang akan ter-stimulasi hanya bagian otot saja.


Gimana sih prosesnya?
Nah, jadi gini ya caranya. 

Pre-session:
Kamu jangan lupa untuk booking session kamu, karena sessionnya sendiri benar-benar private, as in kamu akan ada di ruangan itu sendiri dengan trainer-nya, atau kalau kamu bareng temen kamu, kamu akan berdua. Jadi, kamu harus book dulu session kamu at least H-1 ya. 



Pre-session: on the spot
Ketika kamu sampai, kamu akan diminta untuk mengisi semacam form tentang diri kamu. Biasa lah, untuk membantu memperlancar proses administrasi dan pengisian data kamu kok. Kabar baik selanjutnya adalah, kalau biasanya kita nge-gym harus bawa banyak peralatan amenities and toiletries bejubel, disini kita cuma perlu bawa baju ganti (itupun kalau kamu rasa perlu). Kenapa? Soalnya di kamar mandinya udah disiapkan segala sesuatunya. Mulai dari sabun, sampo, sisir, handuk bersih, sabun cuci muka, hand body lotion, bahkan hair-dryer! Super menyenangkan sih buat aku, gak ribet banget. Jadi, yang perlu kita lakukan sekarang hanya ganti baju khusus untuk latihannya. Disini juga disediakan loker yang bisa kita kunci jadi barang-barang bawaan kita bisa aman. By the way, a little tip, untuk yang berhijab, pakai legging sampe kaki ya, karena yang disediakan disini hanya selutut aja. Untuk masalah alas kaki, boleh pake sepatu, boleh telanjang kaki kok. Whatever suits you deh.



Session starts:
Nah, waktu kamu masuk ke dalam ruangan latihannya, kamu pasti akan di-greet secara friendly sama trainernya. Kebetulan aku dapat trainer yang perempuan dan super baik, namanya Mbak Andien. Mbak Andien meminta aku untuk naik timbangan dan mengukur ideal badan aku. Setelah selesai mengambil data, kami langsung masuk dalam sessionnya

Aku memakai baju ukuran M, lalu dipasangkan vest untuk mempermudah mengaliri listrik ke badan aku. Vest ini sendiri sebelumnya disemprot air untuk mempermudah prosesnya. Setelah vest ini terpasang, lalu dihubungkannyalah ke mesin. 



Aku diminta mengikuti beberapa gerakan seperti plank, squat, yah gerakan-gerakan begitu deh, yang ditunjukkan oleh trainer, mengulang gerakan-gerakan itu selama 8 kali dengan badan sambil dialiri aliran listrik yang rasanya sedikit kejut-kejut (tidak sakit dan bisa dikontrol intensitasnya tinggal bilang saja sama trainernya) selama sekitar 20 menit totalnya. 

Setelah session kelar, ada bagian dimana kita diminta berbaring di mat selama 5 menit, dengan tubuh masih dialiri listrik sebagai proses cooling-off (pendinginan). Selama 20 menit ini, keringat aku keluar banyak banget beneran deh. Rasanya capek banget sih, tapi worth it karena total kalori yang terbakar sekitar 700 lebih. 

Post-session:
Setelah selesai session, kamu boleh langsung pulang, tapi diinfo-kan oleh trainernya kalau kamu mungkin akan mengalami sore selama satu atau dua hari ke depan.



Apa saja sih yang dicek oleh mesin Miha Bodytec tadi dan bagaimana hasilnya?
Jadi, ada banyak yang dicek, dan aku akan coba jelaskan sama kalian sedikit meskipun i am no expert ya, jadi maaf kalau ada salah-salah kata.

- Body Weight
Berat badan kamu akan dicek apakah masih di dalam batas normal, kurang atau berlebih berdasarkan tinggi badan kamu. Kalau untuk aku sendiri, berat aku berlebih 0.2 kg dari batas normal :(

- Muscle Mass
Muscle mass ini menjelaskan jumlah total otot yang ada di badan kamu. Pengukurnya tetap sama, kurang, berlebih, atau normal. Muscle Mass aku sendiri ada di 21.0 kg, which is normal.

- Body Fat Mass
Body Fat Mass menentukan jumlah lemak yang ada di badan kita. Punya aku totalnya 23.2 kg melebihi batas normalnya yaitu 17.2 kg.

- Total Body Water, Protein, Mineral, dan Fat Free Mass
Jumlah air, protein, dan mineral yang ada di badan aku ada di batas normal, begitu juga dengan jumlah massa bebas lemak aku.

- Waist Hip Ratio
Body Mass Index, Percent Body Fat, dan lain-lainnya punyaku semuanya normal, jadi aku tidak perlu menjelaskan bagian itu ya. Ada satu bagian yang tepat di batas normal, let's say batas normalnya 0.85, dan score aku 0.85 jadi aku harus hati-hati, yaitu Waist Hip Ratio. Apa sih itu? Nah, kalau kalian cukup kenal aku, pasti tahu kalau aku merasa bagian pinggul ke paha aku lebih besar daripada bagian tubuh atas aku. Seperti agak kurang ideal gitu, dan benar saja, perbandingan pinggang ke pinggul aku ada di batas atas normal, dan aku harus menguranginya, jika tidak, akan ada lebih banyak potensi terkena diabetes. Working it then!

- What to gain and lose
Jadi, kesimpulan dari semua pengecekan ini adalah untuk mengetahui kondisi badan kamu dan apa yang harus kamu lakukan untuk menjaga dan memperbaikinya lagi. Untuk kasus aku, aku harus menambahkan 3kg otot, mengurangi 10kg lemak (wah banyak ya, tapi menurut trainer sih, lemak di badan kita harus banyak banget dikurang, kalau bisa semakin dikit semakin bagus). Well, +3 muscle, -10 fat!

- Recommendation of sports
Kamu juga akan dikasih beberapa rekomendasi olahraga yang paling cocok untuk kamu dan proses fit kamu, contohnya, aku dianjurkan untuk banyak melakukan olahraga beladiri seperti tae-kwon-do, fencing, dan muaythai karena badan aku paling banyak bakar kalori disitu, disusul dengan skipping dan aerobic. 


Berapa sih kak harga training di 20FIT?
Untuk harga, aku boleh bilang, ada harga ada kualitas. Harganya sendiri jujur bukan harga murah, tapi sangat worth it ketimbang waktu yang terbuang, apalagi untuk yang cukup banyak kegiatan alias sibuk.


Untuk harga trial pertamanya ada di 250,000 IDR, dan untuk per visit nya IDR 525,000. Kalau kamu sudah yakin menyukai session di 20FIT, aku sarankan kamu ambil paket aja karena jauh lebih murah nantinya. 

20FIT juga punya paket khusus untuk student loh, dimana kamu bisa mengambil 6 session selama masa validity 1 bulan (30 hari) seharga 2,000,000 IDR saja. Dengan begini, kamu hemat total 850,000 IDR loh.

Selain itu, 20FIT juga sedang punya promo #sehatberdua hanya sampai akhir tahun ini, dimana kamu bisa mengambil session bersama teman/pacar/keluarga kamu dimana kamu bisa training berdua, dan bayar hanya 4,320,000 per 12 session per orang. Paket ini juga berlaku untuk 90 hari (3 bulan). Kamu hemat 1,380,000 IDR dengan paket ini.


Do's and Dont's:
Do's:
- makan sebelum session (2-3 jam sebelum) disarankan.
- beritahu trainer bagian mana yang paling ingin kamu bakar lemaknya supaya difokuskan.
- minum banyak air.
- hembuskan nafas, jangan ditahan-tahan.
- datang minimal 10 menit sebelum session.
- booking session kamu minimal sehari sebelum kedatangan.
- untuk yang berhijab, pakai legging sampai kaki karena baju khususnya hanya sampai lutut.

Dont's:
- makan di bawah 1 jam sebelum session, badan kamu akan terasa berat.
- tidak perlu membawa toiletries biar gak ribet
- telat, karena kamu masih perlu siap-siap sebelum session.
- jangan pakai bra berkawat untuk perempuan, karena akan mengontak listriknya.


Overall, aku merasa training session di 20FIT ini lumayan ngefek, karena besoknya aku memang sore banget, pegel-pegel gitu dan menurut aku, kalau kamu olahraga tapi tidak pegal-pegal, berarti otot kamu kurang terlatih deh. Gak tau deh, itu mindset aku aja atau gimana ya. Nah, kalau kamu masih penasaran, boleh kok, ngecek ngecek website atau sosmednya 20FIT dulu. Atau, kalau masih penasaran juga, ambil free trial dulu aja!

20FIT:  www.20fit.co.id
Instagram:  @20_fit

Semoga info dari aku membantu ya!

Bye for now, 

Felicia Marcellina

No comments:

Post a Comment

Say hi to me at felicia.marcellina@gmail.com. We'll do high-five!

Hello

Hello lovelies, thanks for visiting me!
Love for you all, Cells.