7.11.16

Sydney, Tujuan Wisata All-in-One Untuk Pecinta Alam, Budaya, Binatang, dan Kuliner!



source: http://data.whicdn.com/images/121248070/large.jpg
"Kamu mau jalan-jalan yang kayak gimana sih liburan musim panas ini?"



It's the bomb. Kadang-kadang aku pusing banget harus jawab apa ke orang yang nanya begini ke aku. Aku sendiri memang bukan tipe yang mudah menentukan pilihan when it comes to traveling, well, ke banyak hal sih, sebenarnya.

Aku dan teman-teman memang punya ritual jalan-jalan minimal setahun sekali, either winter or summer, dan kita emang lagi struggling menentukan mau kemana untuk liburan musim panas ini.

"Gimana kalau kita ke Maldives? Nyantai di pantai seru nih kayaknya. Atau naik gunung, camping gitu?", kata Maria, si pecinta alam.

"Ke negara Barat dong, yang banyak bulenya, yang banyak makanan dan cafe hitsnya buat foto instagram,  tapi jangan jauh-jauh dari Indonesia kali ya!", kali ini Patrice si food blogger menimpali.

"Lihat binatang-binatang wild life yang lucu yuk,  apa ke Afrika ya?", Octa nyeletuk sambil nontonin story Snapchat-nya National Geographic. 

"Dimana ya yang bisa sambil cari inspirasi?", jawabku cepat.

Hmm, ide-ide mereka kedengerannya bagus sih, tapi jujur untuk tahun ini, aku sendiri lagi pengen naik kapal pesiar, atau pergi ke tempat yang dimana aku bisa belajar tentang kultur, budaya, dan sejarahnya. Plus bisa lihat banyak kesenian khasnya. Secara, pekerjaan aku sebagai penulis bikin aku harus punya wawasan luas, alih-alih bisa nambah inspirasi untuk tulisan-tulisan aku.

"Girls.. Apa kita ke Sydney aja?"

Tiba-tiba suasana hening, dan kita semua menoleh ke arah Josephine, yang baru saja mengeluarkan pertanyaan itu, dengan wajah heran. 

"Haduh.. pasti pada bingung ya kenapa aku ngajakin kalian ke Sydney. Gini ya teman-teman, kakak aku kan udah tinggal di Sydney selama 2 tahun terakhir. Nah, aku sudah sering tuh dengerin dia jalan-jalan kemana aja. Kalau dari apa yang aku dengar tadi sih, sepertinya Sydney punya semua yang kalian mau tadi. Daripada misah-misah, mending pergi ke satu tempat yang punya semuanya kan?", Josephine memutar matanya sambil tersenyum mengejek.

"Hah, emangnya iya? Yakin kamu?", Maria menyahut dengan cepat, diikuti dengan anggukan yang lain tanda minta penjelasan.

"Duh, okay, gini ya girls, aku jelasin ya, kenapa wisata ke Australia, khususnya Sydney bisa banget jadi pilihan kita untuk liburan musim panas tahun ini. Sebenarnya, ada banyak banget objek wisata yang bisa kita kunjungi di Sydney. Sydney ini, adalah sebuah kota metropolitan di pantai Timur Australia yang penuh dengan objek wisata menarik untuk hampir semua orang dengan minat apapun. Buktinya, Sydney menarik sekitar 7 juta pengunjung internasional di tahun 2015, dimana sejumlah 150.000++ adalah pengunjung dari Indonesia. Sydney juga adalah kota ke-tujuh di chart 'Most Liveable Cities' menurut www.economist.com, gak heran kakakku betah banget tinggal disana. Masih gak percaya, yuk kita buktiin deh."


Pertama, kita akan bahas apa saja yang bisa Sydney tawarkan untuk Maria, si pecinta alam."


1. Bondi Beach
source: http://frugalfrolicker.com/wp-content/uploads/2015/03/wpid10021-Bondi-Beach-13.jpg

Bondi Beach ini adalah salah satu pantai yang paling terkenal di Australia. Musim panas di Australia belum lengkap kalau belum ke pantainya. Letaknya sekitar 7 kilometer dari pusat kota. Kamu bisa berenang, berjemur, dan berselancar disini. Kalau kamu belum bisa berselancar, kamu bisa ambil short course untuk belajar surfing mulai dari $90 per sesi selama dua jamnya. Atau, challenge diri kamu untuk bangun pagi, sekitar jam 4.30 dini hari untuk melihat sun-rise, dan mengikuti kelas Yoga-by-The-Beach yang super relaxing. Kalau kamu hobi jogging yuk kita jalan-jalan dari Bondi ke Bronte, dimana kamu akan bisa jogging santai dengan pemandangan teluk, tebing dan pantai yang luar biasa indah, click disini untuk teaser pemandangannya. 

Akses / Transportasi ke Bondi: 
Bus    =  naik Bus nomor 380 atau 389 selama 45 menit ke arah North Bondi dari Circular Quay
Train  =  naik kereta dari Town Hall selama 11 menit ke Bondi Junction, lalu naik Bus nomor 380, 381, 382 atau 333 selama 15 menit menuju pantainya.

cek selengkapnya di: bondivillage.com


2. Blue Mountains
source: http://londonerinsydney.com/top-6-things-to-do-in-the-blue-mountains/
Blue Mountains adalah pegunungan yang diselimuti oleh kabut biru yang tercipta dari efek gas terpenoid yang dihasilkan ratusan ribu pohon ekaliptus yang ada disana. Ketika kamu sampai di Blue Mountains, yang wajib dilakukan adalah menuju ke Three Sisters Look-Out Point, dimana kamu akan bisa melihat panorama batu Three Sisters. Kamu bisa naik kereta ke atas, lalu lanjut dengan bus untuk mencapai tempatnya. Tempat lainnya yang tidak boleh absen kamu kunjungi yaitu guided tour di Jenolan Caves, yaitu gua yang luar biasa indahnya. Setelah itu, kamu bisa mengunjungi Scenic World, naik Scenic Skyway, Scenic Cableway, dan banyak atraksi lainnya, lalu jalan-jalan di Katoomba, desa utama di Blue Mountains. 
source: http://londonerinsydney.com/top-6-things-to-do-in-the-blue-mountains/
Akses / Transportasi ke Blue Mountains:
Train        = naik kereta dari Central Station selama 2 jam ke Katoomba (ada setiap jam, setiap hari) (recommended)
Bus / Car    = via jalan raya makan waktu minimal 2 jam tanpa kemacetan, tapi biasanya kamu akan sampai sekitar 3 jam lebih dalam keadaan lelah. (not recommended)

cek selengkapnya di: http://www.bluemts.com.au


3. Cockatoo Island
source: 3. Cockatoo Island

Suka camping? Bisa camping di Cockatoo Island, tempat camping waterfront pertama di dunia dengan harga mulai dari $89 per malam. Tempat camping ini terletak di tengah-tengah kawasan Sydney Harbour. Selama kamu camping, rasakan pengalaman camping dengan pemandangan perkotaan dan waterfront secara bersamaan, dan jangan lewatkan barbecue sambil melihat matahari terbenam.

Akses / Transportasi ke Cockatoo Island:
Ferry = naik Ferry dari Circular Quay selama 15 menit ke Cockatoo Island.

cek selengkapnya di: Cockatoo Island.


"Nah, selanjutnya, 
untuk Feli, si penyuka sejarah, seni dan budaya."


1. Sydney Opera House
source: https://i.ytimg.com/vi/b-rLG2A93WA/maxresdefault.jpg
Sydney Opera House ini adalah ikon kota Sydney yang super terkenal. Bentuknya sendiri menyerupai tiga buah kerang berukuran besar, sedang dan kecil. Kerang besarnya biasanya digunakan untuk concert hall, kerang sedangnya untuk teater opera, dan yang kecil untuk restoran fine dining. Kalau kamu masih belum puas, kamu bisa ikut tour lokal seharga $37 untuk mempelajari lebih dalam tentang sejarah bangunan ini. Bangunan ini dibangun selama kurang lebih 16 tahun dan termasuk dalam UNESCO World Heritage Site, lho. Tempat ini juga bisa dijangkau dengan lima menit jalan kaki dari Circular Quay.

cek selengkapnya di: Sydney Opera House

2. Sydney Harbour Bridge
source: http://www.genkin.org/gallery/australia/sydney/hb/au-sydney-harbour-bridge-0038_l.jpg
Selepas mengunjungi Sydney Opera House, kamu bisa berlanjut ke Sydney Harbour Bridge. Jembatan ikonik Sydney yang sering disebut 'The Coat Hanger' karena bentuknya yang menyerupai gantungan baju ini rupanya adalah jembatan baja lengkung paling tinggi di dunia. Kamu juga bisa memanjat sampai ke ketinggian maksimum 134 meter sambil mendengarkan cerita mengenai sejarah jembatan ini. Bonus: kalau kita datang di New Year's eve, akan ada salah satu festival kembang api terbaik dan paling terkenal di dunia disini!

cek selengkapnya di: Sydney Harbour Bridge

3. The Rocks
source: http://www.sydney.com.au/images/the-rocks-restaurants-cafes2.jpg
The Rocks sendiri adalah sebuah distrik dimana kamu bisa mempelajari banyak hal mengenai Sydney jaman dahulu sampai sekarang. Kunjungilah Rocks Discovery Museum, museum tiga lantai yang akan mengajarkan kamu sejarah lingkungan mengenai siapa saja yang tinggal di Sydney pada jaman White Australia, dan bahasa Aborigin. Perhatikan arsitektur dan penataan jalannya yang merupakan kombinasi Sydney Kolonial dan Kosmopolitan. Kamu bisa mencapai area The Rocks dengan berjalan kaki dari Circular Quay juga.

cek selengkapnya: The Rocks. 

4. Circular Quay
source: https://assets.atdw-online.com.au/images/Original__9316873_AY93_sww_2_moel8e2.jpg?rect=112,0,1017,763&w=800&h=600
Circular Quay ini adalah pusat transportasi di Sydney. Kereta, Bus, dan kapal Ferry banyak melewati tempat ini. Nah, kalau kamu tertarik wisata pesiar atau cruise, kamu bisa mulai disini. Ada banyak cruise tour yang ditawarkan disini sesuai minat kamu, misalnya Sydney Silent Disco Tour (mulai dari $25) jika kamu suka menari, Sydney Whale Watching Tour (mulai dari $51) jika kamu mau melihat ikan paus, dan Adventure Tour (mulai dari $30) untuk wisata sekeliling Circular Quay.

cek selengkapnya di: Circular Quay

5. Australian Day : 26 Januari 2017
source: http://resources1.news.com.au/images/2011/01/26/1225994/752133-australia-day.jpg
source: http://cdn.newsapi.com.au/image/v1/9021fdf0c5c3b8ef136eac1a42b54067?width=1280&api_key=zw4msefggf9wdvqswdfuqnr5
Bonusnya lagi, kalau kita kunjungi Sydney di tanggal 26 Januari, kita akan bisa menyaksikan perayaan semacam kemerdekaan Australia, yang adalah salah satu daya tarik Wisata ke Australia. Kalau kita punya 17 Agustus, USA punya 4 Juli, maka Australia punya 26 Januari. Saksikan perlombaan 'best-dressed' vessels alias kapal di sekitar Sydney Harbour, perlombaan berenang terbesar di Australia, Ferrython: marathon yang diikuti oleh kapal-kapal Ferry terbesar dan terbaik di Sydney, tari-tarian tradisional Aborigin, penerbangan balon udara di Paramatta, dan masih banyak lainnya!

cek selengkapnya di: Australian Day Australia


"Kalau Feli udah puas, yuk kita temenin Octa ketemu binatang-binatang eksotik dan lucu kesukaannya."


1. Taronga Zoo
source: http://resources0.news.com.au/images/2011/05/12/1226054/912824-katy-perry-kangaroo.jpg
Taronga Zoo adalah salah satu kebun binatang yang paling lengkap yang ada di Sydney. Jadi, bukan hanya ada binatang-binatang khas Australia seperti Koala, Kanguru, wallaby, echidnas, dan Tasmanian Devils, tapi Taronga punya lebih dari 4000 binatang dari 350 spesies seperti Zebra dan Jerapah untuk kita kunjungi. Disini kita bisa live feeding dan ber-interaksi secara langsung dengan binatang-binatang yang ada. Tiket masuknya mulai dari $44.

Akses / Transportasi ke Taronga Zoo:
Ferry = naik kapal Ferry dari Circular Quay selama 12 menit ke Taronga Zoo (berangkat dari Wharf 2 setiap jamnya)

cek selengkapnya di: Taronga Zoo.

2. Sydney Aquarium
source: http://meros.org/uploads/gallery/e8/bf/7f/e80bff7fcd8221554d2ae072e846c020.jpg
Bosan lihat binatang darat dan udara? Merapat ke binatang laut yuk! Sydney Aquarium juga punya varian binatang yang sangat banyak, mulai dari dugong, si mamalia herbivora yang dikaitkan dengan duyung, ikan hiu (sharks), ikan pari (stingrays and sawfish), ikan kod hitam (black cod), nautilus, gurita (octopus, ikan-ikan beracun (lionfish, bintang laut berduri), atau ikan khas Sydney seperti ikan Old Wife, Port Jackson Shark, dan Snapper. Mulai bulan November ini, kita juga bisa mendekati secara up-close kawanan Penguin loh. Semuanya dengan harga tiket mulai dari $70 untuk pembelian online dan $170 untuk pembelian on-the-spot.

Akses / Transportasi ke Sydney Aquarium:
Walk   = Jalan sekitar 15 menit dari Town Hall Station
Ferry   = Naik kapal Ferry dari Wharf 5 Circular Quay ke Darling Harbour
Bus     = Naik Bus apa saja yang turun ke Market Street / King Street, lalu jalan sekitar 5 - 10 menit.

cek selengkapnya di: Sydney Aquarium


"Nah, sekarang giliran Patrice, si cewek hits Instagram berburu foto makanan."



1. Breakfast and Brunch (Sarapan): Cronuts.
source: kevinandamanda.com
Sydney adalah kota yang tepat untuk menikmati sarapan luar biasa. Cronuts, adalah gabungan croissant dan donuts. Salah satu tempat yang tepat untuk makan cronut di pagi hari yang cerah adalah Devon Cafe. Kalau kamu datang cukup pagi, kamu akan bisa melihat proses pembuatannya dan mencomot satu yang fresh dan hangat, seperti Salted Caramel Popcorn dan Strawberry Glaze Cronut ini, dipadu dengan kopi flat white khas Sydney. Hmm, what a breakfast!

Location: Devon Cafe; 76 Devonshire St, Surry Hills.
cek selengkapnya di: Devon Cafe

2. Lunch: 8 Hour-WoodFired Beef Ribs

Jangan bingung ini apa. Basically, ini adalah iga sapi bakar, bedanya, iga ini dibakar dengan kayu bakar selama 8 jam sebelum dihidangkan. Untungnya, kamu tidak perlu menunggu 8 jam setelah kamu memesan, karena semuanya sudah dibakar sebelum ada pesanan, jadi, perapian mereka tidak pernah mati! Rasa dagingnya sudah pasti gurih, lembut, dan bikin kamu ngiler, jadi jangan lupa dicoba deh ya!

Location: Firedoor, 23-33 Mary Street Surry Hills.
cek selengkapnya di: Firedoor.

3. Snacks: Lamingtons dan Meat Pie
source: http://1.bp.blogspot.com/-ji1_2NL0Hy4/UYc7g7SlxJI/AAAAAAAACQ8/PQqKv1JXb6s/s1600/SC+5.jpg
Belum afdol rasanya kalau belum mencicipi makanan khas Australia ketika kita wisata ke Australia. Lamingtons ini adalah sponge cake yang dicelupkan di dalam coklat cair dan dibaluri dengan kelapa parut. Meski konon kue ini tercipta karena ketidaksengajaan, Mr. Lamingtons sangat menyukai rasa gurih dan manis kue ini sehingga kemudian jadi digemari banyak orang. Kue Lamington yang cukup legendaris ada dijual di Flour and Stone.

Location: Flour and Stone, 53 Riley Street, Woolloomooloo.
cek selengkapnya di: Flour and Stone


source: https://res.cloudinary.com/wegowordpress/image/upload/v1475835120/meat_pie_t2noc7.jpg
Kalau udah coba yang manis, yuk cobain yang gurih lagi. Meat Pie adalah makanan khas Australia, yaitu pai yang berisi daging dengan kuah tomat dan bawang. Boleh juga tambahkan keju atau bacon untuk rasa lebih sempurna. Salah satu meat pie paling terkenal di Sydney yang harus kamu coba ada di Harry's Cafe de Wheels.

Location: Harry's Cafe de Wheels, Corner Corper Wharf Roadway, Woolloomooloo.
cek selengkapnya di: Harry's Cafe de Wheels.

4. Desserts: Ice Cream
source: http://www.gourmandandgourmet.com.au/wp-content/uploads/2016/01/sydney-must-eats-aqua-s.jpg
Lamingtons sebenarnya termasuk dessert, tapi, liburan musim panas di Australia belum lengkap tanpa es krim, betul? Panas-panasan sambil makan es krim bisa jadi adalah salah satu bentuk surga dunia :) jadi, boleh juga kita kunjungin kedai es krim Aqua S, yang punya banyak rasa unik untuk es krimnya, seperti sea salt dan salted caramel, dengan topping marshmallows, popcorn, dan gulali (cotton candy) dengan warna-warna cerah seperti biru, orange, dan ungu.

Location: Aqua S, CBD Sydney.
cek selengkapnya di: Aqua S



"Gila juga, kayak one place for everyone gitu yah, Sydney!", Maria tampak kagum mendengar penjelasan Josephine.

"Aku sih yes. Tapi guys.. mahal gak ya?" Octa terlihat agak khawatir.

"Well, kalau tahu cara organize itinerary biar gak buang-buang waktu di tempat-tempat gak jelas, dan langsung tepat sasaran tempat tujuan sih, harusnya enggak mahal ya. Hitung-hitung, bisa save di akomodasi yang tidak perlu kan?", aku mengeluarkan pendapatku.

"Aku juga yes! Tapi, masalahnya, siapa yang punya waktu urusin semuanya?", Patrice menyahut.

"Apa pake travel agent aja? Ini aku lagi chat kakakku, siapa tahu dia punya travel agent yang bagus dan berpengalaman!", Josephine terlihat mengutak-atik handphonenya. 

Tidak lama kemudian, handphone Josephine berdering keras. Dia pun cepat-cepat pencet tombol hijau dan bilang halo.

"Jos, kalian mau ke Sydney?", rupanya itu kakaknya Josephine. "Tenang aja, kalian bisa pakai H.I.S Tour and Travel. My favorite travel agent, ever."

"Kenapa H.I.S kak, gak yang lain?", tanyaku cepat.




"Oke, ini dia 5 dari berjuta alasan lainnya kenapa aku kepincut sama H.I.S Tour and Travel."



1. Kenyamanan Servis
Jadi, bukan cuman kamu ga perlu ribet ngurusin itinerary, tiket pesawat, kamar hotel, visa, dan semua keperluan essential lainnya untuk wisata ke Australia, eh, sebenarnya kemana aja sih, soalnya H.I.S menyediakan individual dan group tour domestik maupun internasional, kamu juga gak perlu takut atau sungkan untuk banyak tanya dan request untuk keperluan jalan-jalan kamu. Servis yang di-provide sama H.I.S Tour and Travel benar-benar super sabar dan membantu. Helpful and satisfying!

2. Keamanan Terjamin
Kamu juga bisa merasa tenang dan aman, karena H.I.S Tour and Travel ini sudah sangat terpercaya. Cabangnya aja ada dimana-mana di Indonesia dan Internasional, bukan cuma punya puluhan cabang di kota besar seperti Jakarta dan Bali, bahkan kota seperti BSD dan Banjarmasin juga sudah ada cabangnya loh. 

3. Harga Terbaik
Nah, kalau tadi Octa kepikiran soal harga, jangan khawatir, karena H.I.S selalu memberikan harga terbaik dibandingkan dengan travel agent lainnya karena H.I.S memiliki banyak cabang di luar negeri yang akan memberi kamu harga lokal, bukan harga turis. Biasanya, bukan cuma punya satu paket saja, tapi H.I.S memiliki beberapa jenis pilihan paket yang bisa kita pilih sesuai budget kita. Dan lagi, setiap paketnya sendiri punya rancangan perjalanan yang teliti dan thoughtful banget, jadi kita gak akan buang-buang waktu dan perjalanan kita jadi super efektif deh!

4. Unggul dalam Individual Tour
Kalau kamu cuma mau mencari penerbangan, booking hotel, proses visa, pesan optional atau city tour, tiket kereta api, bahkan sampai penyewaan mobil juga bisa loh, tentunya, dengan pilihan yang banyak dan harga terbaik juga.

5. Unggul untuk Perjalanan Ke Jepang
Sebagai tambahan nih guys, kalau kalian ada rencana untuk pergi ke Jepang, serahkan aja sama H.I.S, karena H.I.S sendiri punya 273 cabang di Jepang yang siap mengurus perjalanan kamu, mulai dari berangkat sampai kembali ke rumah dengan rate terbaik dan pastinya pengalaman paling otentik di Jepang, yang sudah seperti rumah bagi mereka sendiri. 



"Jadi, itu kenapa aku menyarankan kalian menggunakan layanan H.I.S Tour dan Travel. Aku sendiri sempat memakai layanan mereka untuk ke Sapporo winter tahun lalu, dan sampai sekarang, semua pembuatan visa aku dibantu oleh mereka juga. Aku juga memutuskan untuk tinggal di Sydney sekarang karena aku jatuh cinta sama perjalanan pertama aku ke Sydney bareng H.I.S loh", jelas kakaknya Josephine penuh semangat.

"Kalau gitu mah, I am coming Sydney!", teriak kami semua bersama-sama diiringi cekikikan sambil buru-buru ngecek website H.I.S untuk merencanakan perjalanan kami.

Jadi itu ceritanya tentang rencana liburan musim panas kami, kalau kamu gimana? 


Cus, langsung cari infonya disini yahttps://www.facebook.com/HISTravelIndonesia


P.S: Ternyata, H.I.S Tour dan Travel bersama Kawaii Beauty Japan sedang mengadakan blogging competition yang hadiahnya wisata ke Australia loh! Untuk pendaftaran dan info selengkapnya, klik banner di atas ya! Siapa tahu kita bisa ketemu di Australia :)

No comments:

Post a Comment

Say hi to me at felicia.marcellina@gmail.com. We'll do high-five!

Hello

Hello lovelies, thanks for visiting me!
Love for you all, Cells.